Internet Banking Bank Mandiri merupakan produk dari bank mandiri yang dapat digunakan untuk melihat saldo tabungan bank mandiri dan melakukan transaksi finansial, misalnya transfer uang antar rekening bank mandiri atau bank lain atau transaksi finansial lainnya. Pengertian internet banking disini adalah layanan perbankan yang dapat diakses dari layar komputer atau hp (bukan aplikasi hp) menggunakan browser lewat jaringan internet. Artikel kali ini berhubungan dengan cara pendaftaran internet banking di bank mandiri.
Syaraf Pendaftaran
1). Memiliki tabungan bank mandiri. Silakan baca cara daftar tabungan bank mandiri sebagai langkah awalnya.
2). Memiliki kartu ATM jika akan mendaftar lewat mesin ATM. Jika akan mendaftar di customer service di cabang bank mandiri harus membawa identitas diri seperti KTP, SIM, dan lainnya yang sejenis serta buku tabungan. Kartu identitas dii dan buku tabungan harus yang asli, bukan foto kopi.
1). Melalui ATM
a). Masukkan kartu ATM
b). Pilih bahasa indonesia
c). Masukkan PIN yang benar
d). Pilih registrasi pada menu "Registrasi eBanking"
e). Pilih jenis layanan "Internet Banking"
f). Masukkan 4 angka nomor PIN
g). Tekan benar
h). Tekan setuju terhadap semua syarat dan ketentuan yang berlaku untuk eBanking Mandiri.
i). Buatlah 6 digit angka Access Code untuk registrasi internet banking, dan kemudian tekan benar.
j). Masukkan lagi 6 digit angka Access Code yang telah dibuat pada langkah sebelumnya.
k). Tekan selesai, untuk keluar dari ATM dan merasa semua informasi yang dibuat telah sesuai dengan yang dikehendaki. Jika ingin memulai lagi atau mengubah informasi yang telah dibuat atau meninjau pembuatan registrasi eBanking sebelumnya, silakan tekan Registrasi eBanking.
2). Melalui Customer Service Bank Mandiri
a). Isi form pendaftaran eBanking yang disediakan
b). Petugas bank akan mengirimkan Access ID ke email nasabah. Untuk access code, akan diberikan beberapa hari setelah pendaftaran internet banking.
c). Bila nasabah ingin melakukan transaksi finansial, maka harus memiliki token yang dapat dibeli di petugas bank mandiri. Harga token mandiri kurang lebih Rp. 20.000,00.
d). Setelah token diterima, segera ganti password default (yaitu 12345678) dengan 6 digit password baru. Setelah itu, aktifkan juga untuk layanan internet bankingnya, jika ingin melakukan transaksi finansial.
a). Buka halaman internet banking mandiri di ib.bankmandiri.co.id
b). Jika nasabah melakukan pendaftaran internet banking melalui ATM, maka Access ID diisi dengan nomor kartu ATM. Sedangkan jika pendaftaran melalui customer service bank mandiri, maka Access ID dan Access Code diisi sesuai dengan yang diberikan oleh customer service.
c). Setelah itu klik Activate.
d). Buatlah UserID yang berisi 6 karakter kombinasi huruf dan angka. Contoh : mamah1000.
e). Buatlah PIN yang berisi 6 digit angka. Contoh : 394032
f). Kunjungi halaman www.bankmandiri.co.id
g). Cobalah login menggunakan UserID dan PIN yang telah dibuat.
h). Jika berhasil, maka registrasi internet banking telah sukses.
Catatan Penting : PIN Internet Banking tidak boleh sama dengan Access Code.
a). Token digunakan untuk melakukan transaksi finansial melalui internet banking sebagai pengamanan tambahan.
b). Token harus diaktivasi terlebih dahulu sebelum bisa digunakan.
c). Setelah selesai diaktifkan, Token akan berfungsi untuk menghasilkan PIN yang selalu berganti (PIN Dinamis) setiap kali nasabah melakukan transaksi finansial.
Setelah nasabah menerima Token Mandiri, berikut ini langkah-langkah yang harus segera dilakukan :
a). Tekan tombol merah untuk menghidupkan Token Mandiri.
b). Pada layar token akan tampil : PIN _ _ _ _ _ _ _ _
c). Bank akan memberikan nomor password awal token mandiri dengan 8 digit angka yaitu 12345678. Masukkan 8 digit angka ini pada Token Mandiri.
d). Pada layar akan tampil : NEW PIN _ _ _ _ _ _
e). Buatlah password baru dengan 6 digit angka sesuai dengan yang diinginkan. Password angka sebaiknya hal yang tidak mudah diingat oleh orang lain, misalnya jangan memakai tanggal lahir, jangan memakai nomor yang urut misalnya 123456, dan lain sebagainya. Contoh password : 209375
f). Pada layar akan tampil : PIN CONF _ _ _ _ _ _
g). Masukkan 6 digit password yang baru dibuat tadi.
h). Jika benar, pada layar akan tampil NEW PIN CONF dan selanjutnya akan masuk ke menu : APPLI -
i). Tekan tombol merah sekali lagi jika ingin mematikan Token Mandiri.
h). Token mandiri akan terkunci jika nasabah memasukkan password yang salah selama 5 kali
i). Token mandiri akan terblokir jika nasabah memasukkan angka PIN Mandiri yang salah selama 3 kali berturut-turut saat melakukan transaksi internet banking.
Berikut ini adalah langkah untuk aktivasi token di website www.bankmandiri.co.id yang nantinya dapat digunakan untuk transaksi finansial menggunakan internet banking mandiri.
a). Login terlebih dahulu dengan UserID dan PIN yang telah dibuat sebelumnya. Bukan Access Id dan Access Code.
b). Pilih menu "Administrasi"
c). Pilih "Aktivasi Token PIN mandiri"
Tampilan Layar Token Mandiri Nasabah
d). Aktifkan token PIN mandiri dengan menekan tombol merah pada layar keypad
e). Pada layar token PIN mandiri akan terdisplay : "_ _ _ _ _ _ " (Abaikan tanda "")
f). Masukkan 6 digit angka password token PIN mandiri yang telah dibuat sebelumnya.
g). Setelah 6 digit angka password berhasil dimasukkan, di layar akan tampil : APPLI
h). Tekan angka 2 (dua) pada keypad (metode APPLI 2) dan pada layar token PIN mandiri akan tampil 6 digit nomor PIN mandiri.
Tampilan Layar Komputer Nasabah
i). Masukkan 6 digit nomor PIN mandiri yang tertampil di layar Token pada langkah "h)." dan masukkan nomor PIN tersebut ke kolom "Masukkan PIN Mandiri Anda Untuk Aktivasi"
j). Tekan tombol kirim.
Pada Token Mandiri Nasabah
k). Tekan tombol merah untuk kembali ke manu APPLI
l). Tekan tombol merah sekali lagi jika ingin mematikan Token PIN Mandiri
m). Proses Aktivasi Token PIN Mandiri telah selesai
Jika token mandiri hilang, segera laporkan ke call mandiri di nomor (021) 5299-7777 atau cabang mandiri terdekat untuk pemblokiran permanen. Jika nasabah ingin mendapatkan kembali Token PIN mandiri, maka nasabah harus melakukan pendaftaran ulang Token PIN Mandiri di cabang bank mandiri.
Jika Token PIN Mandiri hilang, dan nasabah masih ragu-ragu apakah mungkin bisa ditemukan lagi, maka dapat melakukan permohonan blokir sementara melalui call mandiri atau cabang bank mandiri terdekat.
Token PIN mandiri adalah perangkat penting yang digunakan untuk transaksi internet banking bank mandiri. Jika nasabah tidak memiliki Token PIN Mandiri, maka tidak bisa melakukan transaksi finansial. Jangan sampai Token PIN Mandiri jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab.
Cara Daftar Internet Banking Bank Mandiri
Syaraf Pendaftaran
1). Memiliki tabungan bank mandiri. Silakan baca cara daftar tabungan bank mandiri sebagai langkah awalnya.
2). Memiliki kartu ATM jika akan mendaftar lewat mesin ATM. Jika akan mendaftar di customer service di cabang bank mandiri harus membawa identitas diri seperti KTP, SIM, dan lainnya yang sejenis serta buku tabungan. Kartu identitas dii dan buku tabungan harus yang asli, bukan foto kopi.
Cara Pendaftaran
1). Melalui ATM
a). Masukkan kartu ATM
b). Pilih bahasa indonesia
c). Masukkan PIN yang benar
d). Pilih registrasi pada menu "Registrasi eBanking"
e). Pilih jenis layanan "Internet Banking"
f). Masukkan 4 angka nomor PIN
g). Tekan benar
h). Tekan setuju terhadap semua syarat dan ketentuan yang berlaku untuk eBanking Mandiri.
i). Buatlah 6 digit angka Access Code untuk registrasi internet banking, dan kemudian tekan benar.
j). Masukkan lagi 6 digit angka Access Code yang telah dibuat pada langkah sebelumnya.
k). Tekan selesai, untuk keluar dari ATM dan merasa semua informasi yang dibuat telah sesuai dengan yang dikehendaki. Jika ingin memulai lagi atau mengubah informasi yang telah dibuat atau meninjau pembuatan registrasi eBanking sebelumnya, silakan tekan Registrasi eBanking.
2). Melalui Customer Service Bank Mandiri
a). Isi form pendaftaran eBanking yang disediakan
b). Petugas bank akan mengirimkan Access ID ke email nasabah. Untuk access code, akan diberikan beberapa hari setelah pendaftaran internet banking.
c). Bila nasabah ingin melakukan transaksi finansial, maka harus memiliki token yang dapat dibeli di petugas bank mandiri. Harga token mandiri kurang lebih Rp. 20.000,00.
d). Setelah token diterima, segera ganti password default (yaitu 12345678) dengan 6 digit password baru. Setelah itu, aktifkan juga untuk layanan internet bankingnya, jika ingin melakukan transaksi finansial.
Aktivasi Internet Banking
a). Buka halaman internet banking mandiri di ib.bankmandiri.co.id
b). Jika nasabah melakukan pendaftaran internet banking melalui ATM, maka Access ID diisi dengan nomor kartu ATM. Sedangkan jika pendaftaran melalui customer service bank mandiri, maka Access ID dan Access Code diisi sesuai dengan yang diberikan oleh customer service.
c). Setelah itu klik Activate.
d). Buatlah UserID yang berisi 6 karakter kombinasi huruf dan angka. Contoh : mamah1000.
e). Buatlah PIN yang berisi 6 digit angka. Contoh : 394032
f). Kunjungi halaman www.bankmandiri.co.id
g). Cobalah login menggunakan UserID dan PIN yang telah dibuat.
h). Jika berhasil, maka registrasi internet banking telah sukses.
Catatan Penting : PIN Internet Banking tidak boleh sama dengan Access Code.
Apakah Token Mandiri Itu
a). Token digunakan untuk melakukan transaksi finansial melalui internet banking sebagai pengamanan tambahan.
b). Token harus diaktivasi terlebih dahulu sebelum bisa digunakan.
c). Setelah selesai diaktifkan, Token akan berfungsi untuk menghasilkan PIN yang selalu berganti (PIN Dinamis) setiap kali nasabah melakukan transaksi finansial.
Ganti PIN Token Mandiri
Setelah nasabah menerima Token Mandiri, berikut ini langkah-langkah yang harus segera dilakukan :
a). Tekan tombol merah untuk menghidupkan Token Mandiri.
b). Pada layar token akan tampil : PIN _ _ _ _ _ _ _ _
c). Bank akan memberikan nomor password awal token mandiri dengan 8 digit angka yaitu 12345678. Masukkan 8 digit angka ini pada Token Mandiri.
d). Pada layar akan tampil : NEW PIN _ _ _ _ _ _
e). Buatlah password baru dengan 6 digit angka sesuai dengan yang diinginkan. Password angka sebaiknya hal yang tidak mudah diingat oleh orang lain, misalnya jangan memakai tanggal lahir, jangan memakai nomor yang urut misalnya 123456, dan lain sebagainya. Contoh password : 209375
f). Pada layar akan tampil : PIN CONF _ _ _ _ _ _
g). Masukkan 6 digit password yang baru dibuat tadi.
h). Jika benar, pada layar akan tampil NEW PIN CONF dan selanjutnya akan masuk ke menu : APPLI -
i). Tekan tombol merah sekali lagi jika ingin mematikan Token Mandiri.
h). Token mandiri akan terkunci jika nasabah memasukkan password yang salah selama 5 kali
i). Token mandiri akan terblokir jika nasabah memasukkan angka PIN Mandiri yang salah selama 3 kali berturut-turut saat melakukan transaksi internet banking.
Aktivasi Token
Berikut ini adalah langkah untuk aktivasi token di website www.bankmandiri.co.id yang nantinya dapat digunakan untuk transaksi finansial menggunakan internet banking mandiri.
a). Login terlebih dahulu dengan UserID dan PIN yang telah dibuat sebelumnya. Bukan Access Id dan Access Code.
b). Pilih menu "Administrasi"
c). Pilih "Aktivasi Token PIN mandiri"
Tampilan Layar Token Mandiri Nasabah
d). Aktifkan token PIN mandiri dengan menekan tombol merah pada layar keypad
e). Pada layar token PIN mandiri akan terdisplay : "_ _ _ _ _ _ " (Abaikan tanda "")
f). Masukkan 6 digit angka password token PIN mandiri yang telah dibuat sebelumnya.
g). Setelah 6 digit angka password berhasil dimasukkan, di layar akan tampil : APPLI
h). Tekan angka 2 (dua) pada keypad (metode APPLI 2) dan pada layar token PIN mandiri akan tampil 6 digit nomor PIN mandiri.
Tampilan Layar Komputer Nasabah
i). Masukkan 6 digit nomor PIN mandiri yang tertampil di layar Token pada langkah "h)." dan masukkan nomor PIN tersebut ke kolom "Masukkan PIN Mandiri Anda Untuk Aktivasi"
j). Tekan tombol kirim.
Pada Token Mandiri Nasabah
k). Tekan tombol merah untuk kembali ke manu APPLI
l). Tekan tombol merah sekali lagi jika ingin mematikan Token PIN Mandiri
m). Proses Aktivasi Token PIN Mandiri telah selesai
Token Mandiri Hilang
Jika token mandiri hilang, segera laporkan ke call mandiri di nomor (021) 5299-7777 atau cabang mandiri terdekat untuk pemblokiran permanen. Jika nasabah ingin mendapatkan kembali Token PIN mandiri, maka nasabah harus melakukan pendaftaran ulang Token PIN Mandiri di cabang bank mandiri.
Jika Token PIN Mandiri hilang, dan nasabah masih ragu-ragu apakah mungkin bisa ditemukan lagi, maka dapat melakukan permohonan blokir sementara melalui call mandiri atau cabang bank mandiri terdekat.
Token PIN mandiri adalah perangkat penting yang digunakan untuk transaksi internet banking bank mandiri. Jika nasabah tidak memiliki Token PIN Mandiri, maka tidak bisa melakukan transaksi finansial. Jangan sampai Token PIN Mandiri jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab.