Type something and hit enter

advertise here
Kalau sobat sedang membaca artikel ini, saya yakin sobat memiliki laptop. Ok, kali ini saya akan sharing tentang cara membersihkan laptop. Kenapa harus dibersihkan? Karena barang elektronik seperti laptop jika tidak dirawat dengan baik, mudah rusak dan tentunya butuh biaya jika harus diperbaiki.

Bagi sobat yang doyan game tentu akan merana, karena tidak bisa main GTA misalnya. Bagi pekerja, akan rugi waktu karena data-data yang nempel di laptop tentu belum bisa dipakai, iya kan?

Oleh karena itu simak baik-baik postingan ini tentang cara membersihkan laptop.




Cara Membersihkan Laptop



Laptop sebagai sarana kerja atau mungkin sebagai sarana untuk main game bagi sebagian orang, dapat menjadi cepat rusak jika tidak dijaga dengan baik kebersihannya. Laptop yang kotor dapat menyebabkan bagian dalam laptop menjadi cepat terkikis dan rusak. Jika laptop rusak, biasanya membutuhkan biaya yang tinggi untuk memperbaikinya. Jika tidak bisa diperbaiki, malah laptopnya sendiri harus diganti baru. Karena komponen laptop adalah menjadi satu kesatuan unit dan tidak bisa dipisah-pisahkan sebagaimana komponen desktop. Sehingga jika rusak satu komponen yang tidak bisa diganti seperti prosesor, biasanya laptop harus diganti baru. Untuk itu sangatlah penting untuk mengetahui cara membersihkan laptop yang baik dan benar, supaya laptop tetap awet dan bisa dipakai selama dibutuhkan.

Penyebab Laptop Kotor

Laptop menjadi kotor biasanya karena jarang dipakai atau sering dipakai, baik berada di ruangan yang terbuka atau di ruang tertutup. Interaksi laptop dengan udara di luar ruangan atau di dalam ruangan, menyebabkan debu-debu akan menempel tanpa disadari. Selain debu, adanya serangga seperti laba-laba, semut atau serangga kecil lainnya dapat menyebabkan laptop kotor, dengan meninggalkan bekas kotoran atau sarang.

Selain debu dan serangga, laptop juga dapat kotor karena lemak dan minyak yang ada disekitar. Misalnya, karena lemak dari makanan yang kita makan atau dari minyak goreng yang sehari-hari kita pakai. Bisa juga terkena oli yang berasal dari mobil atau dari motor. Laptop yang terkena oli seringkali terjadi ketika laptop berada di lingkungan bengkel motor atau mobil. Sedangkan laptop sering terkena minyak goreng, biasanya jika laptop berada di ruangan yang penuh dengan aroma masakan seperti di restoran atau rumah makan.

Menggunakan Cuka Dan Jeruk Nipis Untuk Membersihkan Laptop

Kali ini kami akan memberikan salah satu cara bagaimana membersihkan laptop dengan bahan yang alami yang biasanya ada disekitar kita. Kali ini kami berikan tip membersihkan laptop dengan cuka dan jeruk nipis. Ikut cara berikut untuk membersihkan laptop memakai cuka dan jeruk nipis :

1). Pastikan laptop tidak terhubung ke sumber listrik

2). Ambil cuka kira-kira dua sendok makan

3). Peras jeruk nipis kurang lebih dua atau tiga buah

4). Campur jeruk nipis dan cuka dan masukkan ke dalam mangkuk

5). Ambil kapas putih dan masukkan ke dalam cairan campuran cuka dan jeruk nipis tadi

6). Dengan menggunakan campuran cairan tersebut, bersihkan bagian-bagian laptop sampai bersih

7). Untuk lokasi di daerah yang sangat sempit seperti di sela-sela keyoboard, dapat menggunakan pembersih kuping/Cutton Button (korokan kuping). Celupkan cutton button ke dalam cairan jeruk nipis dan cuka. Dan bersihkan sela-sela keyboard menggunakan cutton button tersebut.

Membersihkan laptop dengan alkohol

Kotoran yang ada di laptop bisa beragam jenisnya. Bisa jadi, kotoran itu berasal dari lemak dari makanan, minyak oli mungkin (Seperti yang terjadi di bengkel. Terkadang orang yang baru memegang oli bengkel, kemudian memegang laptop. Akibatnya laptop menjadi kotor dan bernoda), minyak goreng yang ada di dalam rumah dan masih banyak lagi jenisnya. Untuk perihal kotoran minyak ini, tentu tidak mudah dibersihkan dengan jeruk nipis. Berikut cara membersihkannya menggunakan alkohol.

1). Pastikan laptop tidak terhubung ke sumber listrik

2). Beli alkohol di apotik terdekat

3). Ambil kapas atau cutton button

4). Tuangkan alkohol di kapas atau cutton button.

5). Bersihkan minyak yang kotor tadi menggunakan kapas yang telah basah oleh alkohol tadi. Insya allah bersih.

Alkohol adalah salah satu zat yang dapat melarutkan minyak dan lemak. Sehingga ketika alkohol dioleskan ke bagian yang berminyak, diharapkan dapat membersihkan lemak dan minyak tersebut. Cara ini lumayan bagus, karena sifat alkohol yang cepat menguap. Sehingga laptop cepat kering dan tidak menyebabkan konsleting ketika hendak dipakai lagi.

Membersihkan laptop dengan air sabun

Air sabun dapat melarutkan minyak dan lemak. Sehingga jika teman-teman mempunyai laptop yang terkena noda minyak atau lemak, dapat menggunakan sabun untuk membersihkannya. Berikut ini cara aman supaya laptop bersih dari lemak dan minyak.

1). Pastikan laptop tidak terhubung ke listrik

2). Ambil air putih, dua atau satu gelas

3). Ambil sabun. Sabun yang dipakai dapat berupa sabun mandi, sabun cuci untuk piring dan sabun lainnya. Masukkan dua sendok makan sabun makan ke dalam air gelas tadi.

4). Ambil kapas dan masukkan ke dalam cairan yang mengandung sabun tadi. Bersihkan pelan-pelan supaya minyak dan lemak dapat bersih dengan sempurna

5). Setelah bersih, biarkan laptop di ruangan terbuka dan biarkan sampai kering.

Setelah laptop kering, dapat digunakan kembali seperti sedia kala. Untuk memastikan bahwa laptop telah benar-benar kering dengan meraba-rabanya. Jika sudah terasa kering, barulah bisa dipakai.

Membersihkan laptop dengan air shampoo

Air shampoo sebagaimana sabun dapat melarutkan minyak dan lemak yang menempel. Dapat juga melarutkan oli yang berasal dari bengkel atau sejenisnya. Berikut ini tips cara membersihkan laptop dari oli dan minyak serta lemak menggunakan air shampoo.

1). Pastikan laptop tidak terhubung ke listrik

2). Ambil air putih, dua atau satu gelas

3). Ambil 2 sendok shampoo. Shampoo yang dipakai mereknya bebas. Asalkan itu dapat dipakai untuk keramas rambut, dapat dipakai untuk tip kali ini.

4). Ambil kapas dan masukkan ke dalam cairan yang mengandung sabun tadi. Bersihkan pelan-pelan supaya minyak dan lemak dapat bersih dengan sempurna

5). Setelah bersih, biarkan laptop di ruangan terbuka dan biarkan sampai kering.

Cara Membersihkan Bagian Dalam Laptop

Apabila bagian dalam laptop kotor, maka berikut cara membersihkannya :

1). Pastikan laptop tidak terhubung dengan sumber listrik

2). Gunakanlah alkohol dan kapas untuk membersihkannya.

3). Untuk bagian yang sulit dan sela-sela yang sempit, bisa menggunakan cutton botton

4). Setelah bersih semua, biarkan di udara terbuka dan pastikan sampai kering sebelum digunakan.

Bagian dalam laptop adalah bagian yang sangat rentan untuk dibersihkan. Untuk itu, teman-teman harus hati-hati benar dalam membersihkannya. Perhatikan kabel-kabel, jangan sampai ditarik yang dapat menyebabkan putus.

Demikianlah tip cara membersihkan laptop dari kami. Laptop adalah salah satu barang elektonik yang sering menjadi teman untuk bekerja. Sehingga kebersihannya tentu haruslah dijaga sedemikian rupa supaya kerjanya dapat maksimal menunjang kinerja dan syukur-syukur dapat meningkatkan produktifitas kerja. Jika dalam proses membersihkan laptop ini, teman-teman menemui kendala yang berat, misalnya setelah dibersihkan laptop menjadi tidak hidup lagi, mungkin saatnya memanggil tenaga ahli. Gunakanlah service center sesuai dengan merek laptop. Misalnya, kalau laptopnya acer, memakai service center acer, jika laptopnya Asus, pakailah service center ASUS.