Type something and hit enter

advertise here
Beberapa hari lalu saya memiliki blog yang memiliki jumlah postingan di halaman homepage blogger yang tidak muncul sesuai dengan jumlah postingan yang telah dibuat dan disetup di bagian halaman setup template blogger.



Jadi begini, misalnya di halaman setup di homepage telah saya setup untuk muncul 10 halaman, ternyata yang muncul cuman 4 halaman. Sisanya muncul di halaman berikutnya.

Untuk mencari tahu masalah apa sebenarnya, cobalah beberapa hal berikut :

1). Coba ganti template dengan template blogger yang lain

2). Coba ganti template dengan template bawaan asli blogger

Jika ternyata hasilnya tetap seperti yang tidak diharapkan, maka itu bukan masalah di template yang digunakan. Lalu apa masalahnya?

Jadi begini, setelah saya mencari tahu lewat googling, ternyata google memberlakukan apa yang disebut "AUTO PAGINATION".

Sistem "auto pagination" ini akan secara otomatis mengoptimasi halaman blog yang dibuat di blogger. Jika ternyata blog yang dibuat ternyata terlalu berat, yaitu biasanya karena terlalu banyak gambarnya, maka blogger akan secara otomatis memotong jumlah postingan di homepage blog sehingga masih tetap cepat ketika diakses.

Ketika saya perhatikan, jumlah postingan blog di halaman depan homepage akan secara otomatis berubah-ubah sesuai dengan optimasi dari blogger itu sendiri dan juga berat tidaknya postingan yang dibuat.

Jika terasa berat, maka akan dipotong banyak, jadi halaman depan homepage hanya ada 4 postingan atau bahkan cuman tiga.

Jika terasa ringan, maka jumlah postingan di halaman depan juga bisa kembali lagi jadi 5 atau 6.

Tip Mengatasi



1). Optimasi jumlah gambar dan besarnya gambar. Ada beberapa aplikasi yang dapat membuat gambar berukuran lebih kecil dengan kualitas gambar yang masih bagus.

2). Kurangi jumlah gambar.

3). Optimasi css. Barangkali dengan memperkecil ukuran css akan dapat memperkecil waktu loading dan besarnya ukuran template.

Pemilihan Pagination



Saya memiliki template blogger dengan pagination menggunakan nomor dan juga dengan next previous halaman.

Saya perhatikan untuk halaman yang menggunakan pagination penomoran yaitu halaman 1,2,3, dst, ketika terjadi auto pagination, maka halamannya akan hilang. Jadi tidak muncul halaman 2,3, dst.

Sedangkan template yang menggunakan pagination next previous halaman, maka halaman berikutnya dan sebelumnya akan muncul dengan baik.

Jadi menurut hemat saya, jika terjadi auto pagination, maka ganti saja halaman pagination menggunakan next previous halaman.

Demikian info tentang error jumlah postingan di halaman depan homepage blog di blogger. Semoga membantu.