Type something and hit enter

advertise here
BNI mobile banking merupakan produk dari bank bni yang dapat digunakan oleh warga indonesia, baik itu secara perorangan atau badan usaha. BNI sendiri adalah bank milik pemerintah yang tentunya diharapkan semua tabungan atau dana masyarakat yang tersimpan di dalamnya akan aman dan dapat digunakan sewaktu-waktu. Inilah salah satu alasan bagi sobat yang ingin menggunakan teknologi terbaru di era internet yaitu mobile banking.

Apakah Mobile Banking Itu



Mobile banking adalah teknologi terbaru yang dibuat oleh perbankan untuk memudahkan para nasabah bank untuk melakukan transaksi lewat ponsel atau handphone melalui jaringan internet.

Keuntungan menggunakan mobile banking adalah dapat melakukan transaksi dimana saja menggunakan ponsel, selama ada jaringan internet.

Cara Daftar Mobile Banking BNI



Untuk mendaftar bni mobile banking, ikuti beberapa langkah berikut :

1). Memiliki tabungan BNI

Untuk memiliki tabungan BNI, berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi :

a). Membawa KTP asli dan fotokopi KTP satu buah. Jika belum mempunyai fotokopi KTP, tidaklah apa-apa, karena petugas bank akan memberikan biaya gratis fotokopi KTP.

b). Membawa uang minimal Rp. 251.000,00 sebagai saldo awal tabungan. Ditambah biaya meterai biasanya Rp. 6000,00.

c). Mengisi formulir pengajuan tabungan baru dan setoran tabungan.

d). Membuat PIN kartu ATM. PIN ATM berupa angka yang jumlahnya 6 digit. Data yang ada di dalam kartu ATM nantinya berguna untuk transaksi menggunakan mobile banking.

2). Registrasi Mobile Banking

Berikut ini langkah-langkahnya :

a). Nasabah mengisi formulir pendaftaran mobile banking.

b). Petugas bank akan registrasi mobile banking ke dalam sistem bank. Proses registrasi meliputi data diri, tabungan, nomor hp dan lain-lain.

c). Aplikasi bni mobile banking dapat digunakan oleh pengguna ponsel iphone dan android. Unduh aplikasi mobile banking dan sms banking sesuai dengan ponsel yang dimiliki. Bagi pengguna android, unduh aplikasinya di google play store. Bagi pengguna iphone, unduh aplikasinya di app store. Di dalam ponsel harus diinstal bni mobile banking dan bni sms banking, tidak bisa salah satunya, karena jika tidak diinstall dua-duanya, aplikasinya tidak akan bisa digunakan.




d). Saat pertama kali mengunduh aplikasi mobile banking dan sms banking, akan terdapat menu daftar dan berbagai syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh nasabah. Tandai di bagian kotak centang setuju syarat dan ketentuan. Selanjutnya klik tombol daftar.

e). Masukkan nomor kartu ATM. Selanjutnya klik next.




f). Jika nomor kartu ATM berhasil diverifikasi oleh sistem bank, dari sistem bank akan mengirimkan OTP (one time password) yang harus dimasukkan ke dalam kolom yang telah disediakan di aplikasi.

g). Buat user. User akan digunakan untuk login ke dalam aplikasi mobile banking. User harus memiliki kombinasi huruf dan angka, yang panjangnya minimal 8 karakter. Contoh : Kuper11777.

h). Buat password MPIN untuk login aplikasi. Jumlah karakter MPIN adalah 6 digit angka. Contoh : 444444

i). Buat password transaksi. Jumlah karakter password transaksi adalah 8-12, kombinasi huruf dan angka. Contoh : korlet789. j). Setelah selesai, silakan login menggunakan user dan MPIN yang telah dibuat tadi menggunakan aplikasi bni mobile banking.





Fitur-Fitur BNI Mobile Banking



1). Informasi saldo secara real time

2). Transfer antar bni, online antar bank, kliring, dana pensiun, rekening sendiri

3). Pembayaran meliputi kartu kredit bni, kartu kredit lain, pasca bayar telpon, listrik, MPN G2, Multifinance, tv berlangganan, ZIS dan Qurban, pembayaran PDAM, asuransi, tiket kereta api, tiket penerbangan, internet, pinjaman personal, pagadaian, biaya pendidikan dan pajak.

4). Pembelian meliputi voucher prabayar telpon, token listrik, top up agen penerbangan, top up go-pay, top up unikqu, top up tapcash, voucher tv berlangganan dan paket data.

5). Lain-lain meliputi pembukaan rekening deposito, pembukaan rekening taplus, pembukaan rekening tapenas, pertamina LPG 3KG.

6). Administrasi meliputi ubah MPIN, ubah password transaksi dan hapus daftar favorite.

7). BNI Debite Online (VCN). Fitur ini dapat digunakan untuk belanja online menggunakan kartu kredit virtual layaknya menggunakan kartu kredit asli. Kartu kredit virtual berisi informasi nomor kartu, nama yang tertera di kartu kredit dan masa berlaku kartu layaknya kartu kredit asli. VCN yang dibuat biasanya hanya berlaku selama 1 minggu. Jika ingin menggunakan layanan VCN lagi, harus daftar ulang lagi lewat aplikasi sms banking bni.

Note :



Jika kebetulan teman-teman berganti kartu simcard atau ponsel, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan :

1). Jika sobat berganti kartu atau berganti handphone, maka harus diregister ulang ke petugas bank bni. Kemungkinan besar setelah registrasi bni mobile banking, semua informasi ponsel, aplikasi dan nomor kartu simcard direkam ke dalam sistem bank. Sehingga ketika terjadi perubahan kartu sim dan ponsel, biasanya login mobile banking akan ditolak oleh sistem.

2). Biasanya jika nasabah berganti nomor kartu dan atau handphone, hapus terlebih dahulu aplikasi bni mobile banking dan sms mobile banking. Selanjutnya install ulang aplikasi bni mobile banking dan sms mobile banking.

3). Petugas bank akan menghapus history yang lama di dalam sistem. Selanjutnya nasabah harus login ulang. Jika login ulang tidak bisa, biasanya harus mendaftar ulang dari awal dengan user yang masih sama.

4). Kemungkinan PIN ATM juga akan berubah dengan sendirinya, saat sistem di-refresh. Oleh karena itu, cobalah gunakan kartu ATM di ATM BNI yang terdekat. Jika PIN ATM juga berubah atau tidak bisa login ke ATM, mintalah kepada petugas bank untuk membuatkan PIN yang baru.

5). Setelah itu cobalah login kembali ke ATM terdekat dengan PIN yang baru dan mobile banking. Jika bisa, berarti semua konfigurasi terbaru, mulai dari bni mobile banking, sms banking, internet banking, aplikasi ponsel, simcard dan ponsel sudah update atau sudah benar.